Makalah Pendidikan | Identifikasi | Prognosa | Diagnosa dan Treatment Pada Anak Kidal..!!

Sahabat Adin Blog yang selalu berbahagia, Pada postingan kali ini, sekarang admin akan menyuguhkan sebuah Makalah Pendidikan buat pembaca yang tentunya akan sangat bermanfaat sekali khususnya bagi calon guru/guru yang aktif mengajar di Sekolah Taman Kanak-Kanak, kali ini penulis akan membahas sebuah Teori Prognosa & Diagnosa Pada Anak yang mana didalamnya akan di bahas mengenai identifikasi, prognosa & diagnosa, dan cara dari pemecahan masalah.
Taman kanak-kanak adalah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan bagi anak usia 4 tahun smpai memasuki pendidikan dasar. Dimana anak usia 4-6 tahun mulai peka dalam rangsangan dari luar dan mulai mengenal lingkungan selain keluarga, pada masa itu anak sangat membutuhkan sekali pertolongan dan dorongan dari orang lain karena mereka belum bisa mandiri.

Dalam menghadapi permasalahan anak di TK kita selaku pendidik dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas keterampilan keterampilan tersendiri.
Yang menjadi latar belakang anak kidal di TK banyak ahli lain yang menyatakan bahwan kidal juga bukan karena faktor organik seperti contoh di atas, tetapi karena faktor pembiasaan yang salah atau karena sama sekali tidak pernah dibiasakan untuk menggunakan tangan kanan.

Adapun tujuan dari makalah ini biar terarah saya batasi saja, diantaranya;
1. Mengetahui cara mengatasi anak yang mengerjakan sesuatu dengan tangan kiri (kidal)
2. Mengetahui penyebab terjadinya anak kidal
3. Mengetahui hasil penanganan anak yang mengalami kidal

PEMBAHASAN
A.    Identifikasi
Anak kidal biasanya terjadi pada anak sejak lahir tidak disebabkan faktor turunan.
Proses identifikasi dalam hal ini menemukan gejala-gejala tampak pada penampilan dan prilaku anak  dalam memperkirakan penyebab masalah sampai pertolongan, oleh karena itu guru perlu mempelajari dan memahami cara-cara mengidentifikasi masalah anak TK. Guru harus dapat meyakinkan anak bahwa anak tersebut tidak berbeda dengan anak lain dan tidak menderita penyakit apapun. Sebenarnya dia juga dapat melakukan pekerjaan dengan tangan kanannya tetapi hasilnya tidak sebagus bila mempergunakan tangan kiri, bahkan dapat diyakinkan bahwa dia mempunyai keistimewaan karena bisa terampil mempergunakan tangan kiri sementara anak lain tidak bisa berbuat demikian. Anak yang kidal sebaiknya duduk di sebelah kiri bangku supaya bisa tangan kirinya sedang dipakai tangan itu tidak bersinggungan dengan anak lain yang akan menyebabkan terganggu. Perlu diperhatikan oleh guru karena budaya kita.
Di TK Aisyah di kelompok B jumlah muridnya 60 orang dan dibagi 2 kelas, kelas pagi BI dan kelas siang B2 diantara mereka ada seorang anak yang mengerjakan sesuatunya dengan tangan kiri.
Nama Anak                       : Febi Nugraha
Umur                                 : 6 tahun
Kelas / Sekolah                 : BI / TK ASYAH 5
Hari Tanggal                     :
Peristiwa                           : Dari pertama masuk Febi sudah ngalamin ngerjain / melakukan sesuatu dengan tangan kirinya dan tidak dapat merubahnya apapun selama proses perubahan berlangsung sama sekali tidak bisa berubah. Untuk merubah kebiasaannya anak merasa kurang berbeda pada dirinya padahal sudah beberapa kali guru selalu mengingatkan, tapi lama kelamaan guru juga membiarkan anak itu untuk melakukan apa saja semaunya.     
Interpretasi                        : Pada jam pelajaran si Febi selalu menyendiri dalam membuat sesuatu seperti menggambar, menulis dengan tangan kirinya, tapi selalu diperhatikan sama gurunya.
                                           
B.     Diagnosa
Setelah mengetahui masalah yang dihadapi Febi penulis sebagai guru mencari faktor penyebab anak kidal dan untuk merubah kebiasaan untuk mendiagnosa masalah ini penulis sebagai guru harus :
a.       Mengobservasi anak dalam kegiatan belajar mengajar untuk lebih mengetahui bagaimana anak kidal
b.      Anak berusia di bawah enam tahun
c.       Anak masih dapat mempergunakan tangan kiri dan tangan kanannya secara bergantian
d.      Anak mau dilatih untuk mempergunakan tangan kiri dan tangan kanannya secara bergantian
e.       Anak mempunyai intelegensi di atas rata-rata.

C.    Prognosa
Setelah menulis diagnosa anak dapat mengalami perubahan, langkah selanjutnya adalah mengadakan prognosa atau penanganan, prognosa biasanya dilakukan oleh guru, orang tua :
Langkah yang dilakukan oleh guru :
a.       Saran nasehat dan bantuan

D.    Treatment (Cara penanganan)
Treathmen yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah anak kidal dengan guru melakukannya secara bertahap untuk menangani masalah anak kidal :
1.      Membangun kepercayadirian anak ada banyak anak yang selalu mengasingkan dirinya dari teman-temannya disekitarnya, ada juga yang merupakan faktor bawaan, disini yang kita ambil adalah anak yang mempuynyai  cacat tubuh peran guru juga orang tua disini memberikan dorongan atau motivasi agar anak tidak merasa rendah diri.
2.      Memberikan batasan pada prilaku anak
Orang tua bekerja sama memberikan batasan kepada anak terhadap kebiasaan bentuknya dengan sikap orang tua diri anak untuk jangan dibiarkan melakukan kebisaannya, begitu pula dengan guru juga harus memperhatikan anak di sekolah.

E.     Kendala dan Solusi
Kendala yang dihadapi saat menangani masalah yang dimiliki Febi adalah kurangnya pengawasan/perhatian orang tua terhadap anak sehingga adalah kerjasama guru dan orang tua tentang bagaimana penanganan langsung yang baik hanya membuat anak merasa rendah diri tersinggung marah bahkan bersifat memaksa.

PENUTUP
Kidal sering dimasukan dalam kategori cacat tubuh terutama pada tangan sebetulnya kidal belum tentu merupakan ketidak mampuan anak mempergunakan tangan kanannya, tetapi kidal dapat juga merupakan kebiasaan anak menggunakan tangan kirinya dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan.
Terakhir dari penulis semoga tulisan diatas bermanfaat khususnya buat penulis dan umumnya buat pembaca sekalian yang terus akan haus ilmu pengetahuan, saran dan ktirik serta masukan dari pembaca sangat diharapkan penulis untuk kemajuan dimasa yang akan datang.

Pengunjung