Makalah Al-Quran Memahami dan Menghampirinya | Kandungan Al-Quran | Keistimewaan Al-Quran | Penafsiran Al-Quran..!!

Pada postingan kali ini penulis akan melanjutkan membahas Makalah Al-Quran Memahami dan Menghampirinya yang masih tergolong kedalam Bidang Studi/Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam yang didalamnya dibahas diantaranya; Kandungan Al-Quran, Keistimewaan Al-Quran, Penafsiran Al-Quran, yang mudah-mudahan bermanfaat buat semuanya khususnya bagi yang sudah bersilaturahmi dan mau membaca tulisan yang ada pada Adin Blog's ini.
LANJUTAN PEMBAHASAN
2.4 Kandungan Al-Qur’an
Al Quran terdiri atas 114 surat, 6.666 ayat, 74437 kalimat, dan 325345 huruf, mengandung pokok-pokok berbagai hal didalamnya. Sebagaimana diterangkan dalam Al Quran sebagai berikut :
Yang Artinya : "Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan." (QS. Al-Anam, 6:38)
Al Quran memberikan prinsip-prinsip dasar bagi manusia dalam mengatur kehidupannya didunia yang sejalan dengan arah yang seharusnya dicapai untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki didunia dan akhirat. Secara umum isi kandungan Al Quran terdiri atas :
a. Pokok-pokok keyakinan atau keimanan yang melahirkan teologi atau ilmu alam.
b. Pokok-pokok aturan atau hukum melahirkan ilmu hukum, syariat atau ilmu fiqih
c. Pokok-pokok pengabdian kepada Allah
d. Pokok-pokok aturan tingkah laku
e. Petunjuk tentang tanda-tanda alam yang menunjukan tentang adanya Tuhan
f. Petunjuk mengenai hubungan golongan kaya dan miskin
g. Sejarah para nabi dan umat terdahulu
2.5 Keistimewaan Al-Qur’an
Al Quran adalah mukzijat terbesar yang diberikan Allah kepada Rasullnya. Ia merupakan sumber yang tidak pernah kering bagi para pencari kebenaran, menjadi rujukan para ahli bahasa sumber kajian para ahli fuqoha dan sumber argumentasi para ahli hukum. Al quran juga menjadi kajian yang tidak pernah habis bari para ahli sosiologi,ekonomo dan politik, memberi inspirasi bagi para penyair dan pujangga. Al quran satu-satunya kitab yang berbicara segala macam topik. Ia mengisahkan masa lampau, masa kini, dan menggambarkan masa depan. Keistimewaan al quran itu secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Keistimewaan bahasa al quran
Al quran diturunkan dengan bahasa arab yang fasih,huruf yang seimbang,jumlah kata-katanya, naik antara kata dan padannya, maupun kata dengan lawan kata dan dampaknya. Misalnya kata hayat, yang artinya hidup berulang sebanyak 145 kali sama dengan berulangnya kata mau. Kata malaikat terulang 88 kali sama dengan terulangnya kata setan demikian pula dengan kata syahr yang artinya bulan diulang sebanyak 12 kali sama dengan jumlah bulan dalam ssatu tahun.
b. Al quran menembus seluruh waktu tempat dan sasaran
Kemukzijatan al quran dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Al quran berbicara tentang manusia keseluruhan, tanpa membedakan jenis kelamin,suku bangsa dan bahasa. Firmannya :
Yang Artinya : "Katakanlah: 'Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk’". (QS. Al-A’raf:158)
Al quran memberi bukti bagi manusia yang hidu pada masa kini dan masa yang akan datang tentang kebenaran firman dan janji Allah. Misalnya, al quran menggambarkan kesombongan firaun yang mengaku tuhan, kemudian mati secara mengenaskan dengan ditenggelamkan dilaut merah sedangkan mayatnya diselamatkan alloh untuk menjadi pelajaran kepada manusia. Oleh karuna itu, tidakada kitab suci yang berbicara segala hal tentang kehidupan manusia, kecuali al quran.
c. Al-quran sumber informasi tentang tuhan,rosul dan alam goib
Al quran adalah firman tuhan yang memberikan informasi tentang tuhan sendiri, sehingga manusia memperoleh pengetahuan dan keyakinan yang benar tentang tuhannya. Al quran memberikan pula legitimaasi terhadap rosul yang ditugaskan Allah mengemban misinya kepada manusia. Penunjukan rosul oleh Allah dan tercantum di dalam al quran merupakan informasi langsung dari Allah. Al quran juga memberikan informasi tentang adanya hal-hal yang bersifat gaib seperti jin dan malaikat, hari kiamat, hari akhirat, surga dan neraka. Hal-hal yang bersifat gaib itu tidak dapat dipkirkan melalui akal manusia, tetapi memerlukan informasi sehingga manusia mengetahui dan meyakini keberadaanya. Informasi itu dapat diungkap dari al quran yang merupakan firman dari sang Maha Pencipta yang menciptakan alam gaib.
d. Naskah asli yang terjaga
Al quran adalah satu-satunya kitab suci yang terjaga keasliannya sejak masa diturunkannya sampai kini bahkan hingga akhir zaman. Keaslain ini disebabkan al quran diturunkan, ditulis, dan disampaikan kepada umatnya setiap zaman secara mutawatir, baik melalui tulisan yang sampai sekarang aslinya masih ada, juga seetiap masa terdapat banyak para penghafal al quran. Keaslian al quran dibuktikan pula dengan tidak terjadinya perubahan-perubahan atau kontropersi tentang ayat al-quran pada umat islam seluruh dunia.
2.6 Penafsiran Al-Qur’an
A. Pengertian tafsir
Tafsir menurut bahasa artinya penjelasan atau keterangan, yakni menerangkan atau mengungkapkan sesuatu yang tidak jelas. Tafsir al quran berbeda dengan al quran, artinya tafsir tidak bersifat mutlak atau pasti, oleh karena itu, kemungkinan untuk terjadinya perbedaan-perbedaan dalam penafsiran sangat di mungkinkan.
B. Sejarah tafsir pada masa Rosulullah SAW
Beliau menjelaskan maksud al quran berdasarkan wahyu yang diterimanya. Oleh karena itu tafsir yang diucapkan nabi dicatat setelah al quran selsai diturunkan,bahkan setelah nabi wafat. Tafsir yang dilakukan nabi terkumpul bersamaan dengan pengumpulan hadis. Oleh karena itu derajatnya sama dengan hadis.
Metode-metode dalam penafsiran al quran :
1. Tafsir bil ma’tsur
2. Tafsir bil ma’qul
3. Tafsir ijdiwad
4. Tafsir muqranin
5. Tafsir tahlili
6. Tafsir maudhui
7. Tafsir bil ilmi
                                                                      KESIMPULAN
Setelah mengetahui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang membahas Al-Qur’an : memahami dan menghampirinya diharapkan mampu memahami ke Islaman terutama tentang Al-Qur’an secara esensial sehingga nilai-nilai Islam bisa melandasi pemikiran, sikap, dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, dan memahami pokok-pokok ajaran agama Islam terutama tentang Al-Qur’an.
Al-Qur’an ‘’kalam Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saw yang ditulis dalam mushaf (lembaran-lembaran) dan diriwiyatkan secara mutawatir serta membacanya adalah ibadah.’’
Dengan pengajaran Pendidikan Agama Islam, diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dan bertanggungjawab dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapi dalam kehidupannya dengan melihat pada rujukan Al-Qur’an.
iswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan memahami dan mengamalkan ilmu dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar kepada masyarakat.
REFERENSI :
  • AF, Suryana Toto A Drs,dkk. (1977) . Pendidikan Agama Islam. Bandung: Tiga Mutiara
  • http://andi-mulyady.blogspot.com/2012/08/contoh-makalah-pendidikan-agama-islam.html  (15 September  2012)
Artikel Pembahasan Terkait :

Pengunjung