Makalah Laporan Miskonsepsi IPA di SD | Miskonsepsi Pada Tumbuhan | Miskonsepsi Pada Lingkungan..!!



3.  Miskonsepsi Pada Tumbuhan
Konsep Yang Salah
Konsep Yang benar
tumbuhan lumut berkembang biak dengan spora
perkembangbiakan lumut tidak hanya menghasilkan spora tetapi juga menghasilkan gamet. Perkembangbiakan yang demikian disebut metagenesis
Tumbuhan menyerap sari-sari makanan dari dalam tanah.
Tumbuhan menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Organisme yang menyerap sari makanan dari dalam tanah hanya jamur, oleh karena itu cara makan jamur adalah absorpsi: Jamur mengeluarkan enzim ke lingkungan sekitarnya kemudian makanan dicerna menggunakan enzim tersebut, selanjutnya sarinya diserap melalui membran sel.
Contoh makanan adalah Air, vitamin
Air bermanfaat bagi tubuh, tapi bukan zat organik dan tidak mengandung energi, oleh karena itu tidak termasuk makanan. Begitula vitamin, merupakan zat organik, bermanfaat bagi tubuh tapi tidak mengandung energi, maka juga tidak digolongkan makanan.
Perkembangbiakan vegetatif buatan dilakukan dengan cara menyambung dan menempel.
Konsep pembiakan adalah pertambahan individu, pada menyambung justru terjadi pengurangan atau setidak-tidaknya tidak bertambah.
Tumbuhan bernapas menyerap karbondioskida
tidak betul. Semua makhluk hidup termasuk tumbuhan bernapas mengambil gas oksigen untuk mengoksidasi zat makanan. Hasilnya adalah tenaga, air, dan CO2, bila pernapasan (respirasi) itu berlangsung secara sempurna. Memang betul tumbuhan mampu menyerap karbondioksida, tapi bukan pada proses pernapasan, tetapi pada proses fotosintesis.
Tumbuhan bernapas hanya malam hari.
semua makhluk hidup bernapas pada waktu siang maupun malam. Makhluk hidup mungkin bisa bertahan tidak makan/minum beberapa hari, tapi tidak akan tahan tidak bernapas hanya beberapa menit saja. Bahkan pada manusia bila otak tidak mendapat oksigen dalam waktu beberapa menit saja sudah menyebabkan terjadinya koma (pingsan).
Batang monokotil tidak bercabang
Ada banyak contoh yang menunjukkan bahwa batang monokotil juga bercabang, misalnya bambu, pandan, rumput, bahkan kelapapun ada yang bercabang lima. Jadi tidak benar bahwa batang monokotil tidak bercabang.
Tulang daun monokotil sejajar sedangkan tulang daun dikotil menyirip dan menjari
Perhatikan pohon pisang, tumbuhan ini termasuk monokotil tapi tulang daunnya menyirip, lontar (siwalan) tulang daunnya menjari. Jadi sebenarnya bukan tulang daun yang dibedakan tapi pertulangan daun, pada dikotil membentuk anyaman seperti jala, sedangkan pada monokotil sejajar.
Jambu mente adalah contoh tumbuhan berbiji terbuka
Jambu mente bukan contoh tumbuhan berbiji terbuka. Bagian yang tampak pada jambu mente yang disebut orang dengan ”biji” sebenarnya adalah buah, sedangkan yang membesar dan berdaging yang sering disebut ”buah” sebenarnya adalah tangkai buah. Dengan demikian buah pada jambu mente adalah buah semu, sedangkan buah yang sebenarnya adalah mentenya tersebut. Jadi dengan demikian jambu mente termasuk kelompok tumbuhan berbiji tertutup (dikotil).
Umbi kayu dapat dibiakkan dengan umbi akar
Ciri khas umbi akar adalah bila ditanam tidak dapat tumbuh tunas (perbedaannya dengan umbi batang). Dengan demikian mustahil umbi akar dapat digunakan untuk perkembangbiakan. Jadi perkembangbiakan pada ubi kayu menggunakan stek (vegetatif) dan biji (generatif). Meskipun yang terakhir ini jarang digunakan karena membutuhkan waktu lama.
Fotosintesis hanya terjadi pada siang hari.
Fotosintesis dapat terjadi kapan saja asal ada cahaya dengan gelombang dan intensitas yang diperlukan oleh tumbuhan
yang akan berfotosintesis.
Tumbuhan melinjo bijinya berkeping satu, karena itu termasuk monokotil.
pembagian kelompok monokotil dan dikotil hanya terdapat pada tumbuhan berbiji tertutup, sedang melinjo termasuk tumbuhan berbiji terbuka.
Buah kacang termasuk umbi akar, karena berasal dari akar
Buah kacang adalah buah yang tumbuh dari bunga berewarna kuning, tangkai panjang. Setelah mengalami penyerbukan dan pembuahan terjadi zygote dan berkembang, akibatnya makin lama makin berat dan tangkai tidak dapat menahannya, merunduk, akhirnya masuk ke tanah, dan tumbuh membesar di dalam tanah.
Untuk menguji apakah tumbuhan menghasilkan tepung saat fotosintesis dapat digunakan obat merah.
Kesalahan ini diduga karena di dalam melakukan praktek uji amilum sering digunakan Iodium tinktur, sehingga dilakukan generalisasi yang salah karena Iodium tinktur dan obat merah sama-sama dapat digunakan untuk mengobati luka, maka sama pula dapat digunakan untuk menguji amilum. Padahal yang dipergunakan dalam menguji amilum bukan obat lukanya, melainkan Iodiumnya. Iodium dengan amilum dapat membentuk Iodamilum yang berearna biru sampai hitam. Reaksi ini tidak terjadi bila menggunakan obat merah karena kandungannya adalah air raksa (Hg).
Benalu dan Anggrek merpati yang tumbuh pada ranting pohon mangga merupakan parasit.
Anggrek, hanya menempel pada kulit pohon, semua kebutuhan seperti karbondioksida dan air diambil sendiri dari udara dan anggrek melakukan fotosintesis untuk memenuhi keperluannya akan makanan. Sebaliknya benalu merupakan parasit. Dengan organ tubuh seperti akar benalu menyerap air dari tanaman yang ditumpanginya sedang karbondioksida diambil dari udara dan benalu melakukan fotosintesis. Pada kasus ini benalu disebut setengah parasit.
 4.  Miskonsepsi Pada Lingkungan
Konsep Yang Salah
Konsep Yang benar
Air laut berwarna biru
Air laut tidak memiliki warna. Warna air laut sama dengan warna air pada umumnya, yaitu bening atau tidak berwarna. Karena itu pernyataan air laut berwarna biru adalah salah.
Air laut merefleksikan warna langit. Cahaya matahari yang mengenai langitdan akan direfleksikan ke mata manusia. Karena langit berwarna biru maka hal inilah yang menjadikan air laut nampak berwarna biru.

Jumlah air di dunia ini berkurang dari masa-kemasa
Mengatakan Jumlah air di dunia berkurang dari masa-kemasa adalah sebuah kesalahan. Faktanya adalah jumlah air di dunia ini tetap. Sejalan dengan dengan fakta tersebut. jumlah total air yang ada di Bumi saat ini relatif sama dengan saat Bumi ini tercipta. Yang berubah ada bentuk dari air tersebut dalam siklus air yang berlangsung terus menerus. Jadi air yang dipakai mandi oleh Pangeran Diponegoro bisa jadi sama dengan air yang sedang anda pakai untuk minum.
Air akan mendidih pada suhu 100o C
Faktanya adalah titik didih air di berbagai tempat adalah berbeda. Hal ini disebabkan oleh tekanan udara/tekanan atmosfer di daerah tersebut. Tekanan 1 atmosfer atau 1 atm adalah di permukaan laut. Semakin tinggi suatu tempat dari permukaan air laut, tekanan udaranya semakin rendah, sebaliknya semakin rendah suatu tempat dari permukaan air laut, tekanan udara di daerah tersebut semakin besar. Karena itu, orang di daerah pegunungan dan di daerah pantai akan mendapati air mendidih pada suhu yang berbeda. orang di daerah pegunungan akan mendapati air mendidih pada suhu di bawah 100o C. Sedangkan orang di daerah pantai akan mendapati air mendidih pada suhu 100o C.
matahari bergerak mengelilingi bumi dari timur ke barat siang malam
secara ilmiah, konsep tersebut tidak benar. Bumilah yang mengitari matahari dan bukan sebaliknya.
Benda yang besar (atau berat) akan jatuh lebih dulu

selain gaya gravitasi terdapat satu gaya lagi yang berpengaruh terhadap benda jatuh, yakni gaya gesek benda dengan udara. Contonya Sehelai bulu akan melayang-layang di udara, karena gaya geseknya dengan udara cukup besar untuk mengimbangi gaya berat bulu. Apabila faktor gesekan udara ini tidak terlalu berpengaruh, misalnya di tabung hampa udara atau untuk benda pejal berbentuk bola, maka kedua benda akan sampai di tanah dalam waktu yang bersamaan
Rantai makanan adalah peristiwa makan memakan yang terjadi berurutan
Rantai makanan bukanlah peristiwa makan memakan, karena konsep makan memakan adalah saling makan, padahal yang terjadi adalah hanya satu pihak yang dimakan sedang pihak yang memakan tidak, tapi ada potensi untuk di makan oleh organisme lainny
Bahan makan, makanan, dan zat makanan adalah sama
Bahan makanan adalah materi yang di dalamnya mengandung makanan/zat makanan. Biasa bahan makanan berasal dari alam seperti nasi, ketela pohon, daging, air susu dan sebagainya. Makanan adalah zat organik yang mengandung energi yang bermanfaat bagi tubuh. Contoh makanan adalah karbohidrat, protein, dan lemak.  Ketiga zat ini dahulu disebut dengan zat makanan pokok. Zat makanan adalah nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh, semuanya ada enam macam, yaitu 3 dari zat makanan pokok (makanan) di atas ditambah dengan air, mineral, dan vitamin.
Pesawat sederhana memperkecil usaha yang dilakukan

Kita harus memahami secara tepat fungsi pesawat sederhana, yakni memudahkan kerja namun tidak membuat kerja menjadi lebih kecil. Walaupun demikian, kata “mempermudah” kerja tidak selalu memiliki arti gaya yang diberikan pada pesawat lebih kecil. Hal ini bergantung pada jenis pesawat dan keuntungan mekaniknya.
   DAFTAR PUSTAKA
  • Ajeng. (2013). Miskonsepsi dalam IPA SD. [Online]. Tersedia : http://yosefinawepe.blogspot.com/2013/07/miskonsepsi-dalam-ipa-sd.html. [ 19 Nopember 2013]
  • Kurnia, Kurnia. (2011). Beberapa Contoh Miskonsepsi Dalam Biologi. [Online]. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/81016497/Beberapa-Contoh-Miskonsepsi-Dalam-Biologi. [ 19 Nopember 2013]
  • Wijayanto. (2011). Miskonsepsi Guru dalam KBM di Kelas. [Online]. Tersedia: http://nur-berbagiilmu.blogspot.com/2011/01/miskonsepsi-guru-dalam-kbm-di-kelas.html. [ 19 Nopember 2013]
Pembahasan Artikel Terkait :

Pengunjung