Makalah Kepemimpinan | Kepemimpinan dan Unsur yang Mendukungnya | Persidangan | Kesimpulan dan Saran | Sumber Referensi..!!

Makalah Kepemimpinan
 I. Persidangan
Persidangan adalah adalah suatu pertemuan formil antara bebarapa orang guna membicarakan sesuatu permasalahan untuk melahirkan keputusan. Dalam pengertian lain Persidangan merupakan salah satu sarana musyawarah dalam rangka pengambilan keputusan dengan menggunakan aturan-aturan yang jelas serta dikelola dengan manajemen yang baik. Jadi Pesidangan dapat disimpulkan bahwa sidang merupakan pertemuan formal yang dilakukan untuk mengambil suatu keputusan dengan aturan-aturan yang jelas.

1. Jenis-jenis Sidang
a. Sidang
Merupakan pertemuan formal untuk menghasilkan sutau putusan dengan menggunakan aturan-aturan yang jelas. Sidang dilakukan dalam sebuah rungan, yang dipimpin oleh pimpinan sidang yang disebut dengan presidium.
b. Musyawarah
Pertemuan formal yang didalam pelaksanaanya mencakup didalamnya rapat, sidang dan diskusi.
c. Diskusi
Pertemuan dua orang atau lebih membicarakan sesuatu. Bisa dilakukan dimana saja.
d. Rapat
Pertemuan formal membicarakan rencana-rencana yang berkaitan dengan kepentingan organisasi atau sesuatu hal yang akan dikerjakana bersama-sama kedepanya. Dipimpin oleh pimpinan rapat, bisa dilakukan dalam ruangan atau lapangan terbuka.

2. Klasifikasi Sidang
a. Sidang paripurna adalah sidang yang dihadiri seluruh komponen peserta sidang.
b. Sidang Komisi Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisi saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebih terfokus. Keputusan pada sidang komisi bersifat non permanen (dapat berubah) kemudian dibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.
c. Sidang Pleno Biasa disebut sidang besar yang diikuti oleh seluruh peserta sidang tanpa kecuali. Sidang pleno dilakukan untuk memberi keputusan final agenda sidang yang telah dirumuskan sebelumnya pada sidang komisi. Pembahasan agenda, tatib, dan LPJ menggunakan sidang jenis ini.
d. Sidang istimewa adalah sidang yang membahas al-hal yang krusial atau mendesak dalam organisasi.

3. Persiapan Dalam Persidangan
a. Agenda
b. Kertas kerja
c. Tata tertib
d. Peserta sidang

4. Alat Dalam persidangan
a. Palu Merupakan suatu alat yang penting dalam melaksanakan sebuah persidangan. Palu berfungsi sebagai pengontrol utama sebuah sidang.
b. Papan tulis
c. Proyektor jika dibutuhkan
d. Pengeras suara

5. Tempat Bersidang
Tempat siding yang digunakan harus bersih dan aman.

6. Unsur-unsur dalam Persidangan
a. Pimpinan Sidang
Pimpinan sidang dipilih oleh peserta sidang dan biasanya berjumlah ganjil. Satu sebagai notulen dan dua orang pimpinan sidang yang lain secara bergantian memimpin sidang sesuai kesepakatan. Seorang pimpinan rapat atau presidium sidang harus mempunyai sikap sebagai berikut :
1. Aktif serta mampu memberikan bimbingan yang tegas.
2. Ditrima oleh peserta sebagai pimpinan sidang.
3. Bisa berbicara dengan jelas dan terarah serta tegas dan keras.
4. Mempunyai keterampilan yang tinggi dalam memimpin rapat atau sidang.
5. Sikap dan penampilan yang cerah.
6. Pandangan mata yang merata pada semua peserta.
7. Memperhatikan nada dan kalimat dari pembicara.
8. Tidak terlalu tegang dan terlalu serius.
9. Tidak memancing perdebatan tapi harus bisa menyimpulkan suatu masalah jika terjadi perdebatan

Tugas seorang pimpinan sidang adalah :
1. Mengarahkan jalannya sidang.
2. Sebagai penengah pertengkaran jika terjadi.
3. Sebagai pencari alternatif jika pembicaraan mengalami kebuntuan.
4. Sebagai pemberi semangat jika peserta lesu.
5. Sebagai penyimpul akhir dari keputusan sidang.

Syarat-syarat pimpinan sidang :
1. Mempunyai jiwa kepemimpinan.
2. Berpengetahuan luas.
3. Mengetahui tata cara sidang.
4. Berpengalaman.
5. Bijaksana.
6. Bertanggung jawab
7. Penyabar.bersikap adil.
8. Disiplin.
9. Simpatik dan menarik.

b. Peserta Sidang
Peserta Sidang Peserta sidang ditentukan berdasarkan tata tertib yang telah disepakati. Biasanya terdiri dari peserta aktif dan peserta peninjau. Seluruh hak dan kewajiban peserta diatur di tatib. Harus ikut berpartisipasi dalam mencari penyelesaian permasalahan yang dibicarakan serta ikut serta dalam menyumbangkan buah fikiran yang positif dan bermanfaat.

Cara memberikan pendapat atau argumentasi yang baik :
1. Amati masalah yang akan dibahas.
2. Susun pertanyaan atau argumentasi atas masalah yang ada.
3. Kemukakan alas an yang logis dan dapat diterima peserta lain.
4. Hati-hati dalam merangkum pendapat.
5. Tidak berbelit-belit.
6. Tenang dan tidak emosi.
7. Sabar menunggu giliran berbicara.
8. Suara jelas dan terarah.

c. Notulen
Notulensi bertugas untuk mencatat jalannya persidangan
d. Istilah dalam Persidangan
  1. Skorsing. Menghentikan karena ada sesuatu yang perlu.
  2. Lobby. Suatu cara untuk mempengaruhi lawan ataupun kawan dalam mengambil keputusan atau menyepakati suatu masalah/persoalan guna mencapai hasil yang diinginkan. Lobby terbagi dua,yaitu : Lobby dalam persidangan dan Lobby diluar persidangan.
  3. Pending : memberhentikan sidang untuk sementara waktu dengan tujuan tertentu seperti istirahat, lobby, penundaan sidang.
  4. PK (Peninjauan Kembali) : mekanisme yang digunakan untuk mengulang kembali pembahasan/putusan yang telah ditetapkan
  5. Mohon bicara : meminta izin untuk memberikan pendapat.
  6. Kliring : memotong pembicaraan diatas interupsi.
  7. Interupsi : Memotong pembicaraan/menyela pembicaraan dikarenakan ada hal-hal yang sangat penting untuk diungkapkan. Macam-macam interupsi: Point of clarification: interupsi untuk menjernihkan / meluruskan permasalahan atau isi pembahasan. Point of view : interupsi yang digunakan untuk menyampaikan pendapat, tanggapan, usulan, saran; Point of order : memotong pembicaraan orang lain karena telah melenceng; Point of solution : interupsi untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dibahas.; Point of information : interupsi untuk memberikan informasi/ kebenaran yang dianggap perlu,yang berkaitan dengan kondisi yang menjadi pokok pembahasan atau hal-hal yang dipandang urgen untuk diinformasikan dan Point of privilege (rehabilitation) : Memotong pembicaraan orang lain ketika ia telah menyinggung martabat orang lain.
  8. Quorum Adalah syarat sahnya sidang untuk dapat diadakan, karena tingkat quorum menunjukkan sejauh mana tingkat representasi dari peserta sidang. Semakin tinggi jumlah quorum, semakin tinggi pula tingkat representasi dari sidang tersebut.
  9. Draft Materi Sidang Meliputi bahan-bahan yang akan dibahas dalam persidangan. Biasanya terdiri dari draft Tatib, AD/ART, PPO, GBHK, dll yang disusun sebelumnya oleh tim perumus sidang atau panitia khusus.
e. Tata tertib penggunaan palu sidang.
1. Satu kali untuk :
  • Skor sidang dan membuka kembali.
  • Skor selama 1 x 15 menit.
  • Menetapkan keputusan sementara.
  • Mengukuhkan kesepakatan
2. Dua kali untuk :
  • Skor selama 2 x 15 menit.
  • Mencabut skor kembali.
  • pertukaran pimpinan sidang.
3. Tiga kali untuk :
  • Membuka dan menutup sidang secara resmi.
  • Membuka dan menutup acara secara resmi.
  • Menetapkan keputusan akhir.
4. Berkali-kali
Untuk menenangkan peserta sidang atau meminta peserta memperhatikan jalannya sidang.

f. Teknik Persidangan
  1. Pembukaan sidang dimulai dengan ketukan palu 1 x dengan ucapan bismillarrahmanirrahim, sidang …. saya buka;
  2. Sidang diskors: dengan ucapan bismillah………..sidang saya skors selama…..menit/jam. sambil mengetuk palu 1 x;
  3. Skorsing sidang dicabut: Dengan ucapan bismillah……… skors sidang saya cabut, sambil mengetuk palu 1 x;
  4. Menetapkan hasil sidang: Dengan mengucapkan alhamudillah saya tetapkan sidang sebagai berikut …………. seraya mengetuk palu 3 x;
  5. Menutup Sidang: Dengan mengucapkan Alhamdulillah sidang ………… saya tutup, seraya mengetuk palu 1 kali.
PENUTUP
A. Kesimpulan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Dalam latihan kepemimpinan mahasiswa ada beberapa pembahasan yang penting, yaitu:
1. Mahasiswa sebagai Pemimpin Perubahan
Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar di perguruan tinggi dapat di sebut mahasiswa. Adapun fungsi dan peran sebagai mahasiswa adalah sebagai berikut:
a. Creator of Change
b. Iron Stock
c. Social Control

2. Risalah Pergerakan Mahasiswa
Risalah pergerakan mahasiswa dimulai sejak Pergerakan Nasional ( 1908 – 1945 ), Orde Lama ( 1945 – 1965 ), Orde Baru ( 1965 -1998 ), dan Reformasi ( 1998 – sekarang ).

3. Strategic Planning
Perencanaan strategis membantu kita untuk menentukan prioritas, memilih suatu tindakan atau aksi, serta mengalokasikan sumber daya yang ada. Keuntungan yang didapat dari melakukan perencanaan strategi adalah meningkatkan kinerja, memecahkan masalah utama, dan mengkomunikasikan apa yang penting. Strategi biasanya dilakukan secara mundur, maksudnya dalam merencanakan suatu strategi biasanya kita memulainya dengan haasil yang ingin dicapai lalu merencanakan bagaimana hal itu dapat tercapai.

4. Manajemen Aksi
Manajemen aksi merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengatur suatu massa aksi agar tetap terkoordinir dan sesuai dengan rencana dan target awal hingga mencapai hasil yang diinginkan.

5. Manajemen Kepanitiaan
Untuk memanage itu semua diperlukan adanya keselarasan antar anggota kelompok yang terlibat dalam kepanitiaan tersebut. Supaya tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya dapat tercapai.

6. Administrasi Organisasi
Secara sempit tersebut disebut juga kesektariatan. Jantung dari sebuah organisasi adalah sekertaris dan bendahara. Sekertaris adalah orang yang memegang suatu rahasia dalam sebuah organisasi. Sedangkan bendahara adalah manager keuangan dalam suatu organisasi, orang yang mengatur dan mengelola keuangan dalam suatu kelompok.

7. Advokasi
Advokasi adalah merubah suatu kebijakan yang bias merubah hak mahasiswa atau Usaha untuk mengubah sebuah kebijakan yang tidak sejalan dengan kesejahteraan dan keadilan mahasiswa menjadi sesuatu kebijakan yang baru. Adavokasi dilakukan karena adanya ketidakadilan da nada orang yang tidak mampu (unable) dan/atau tidak mau (unwilling) memperjuangkan haknya sendiri.

8. Mahasiswa dan Tradisi Debat
Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Tujuan dari debat sendiri adalah upaya kedua belah pihak yang mencoba membangun suatu kasus dengan didukung oleh argumen–rgumen yang mendukung kasus mereka dimana cara membuat satu argumen yang baik dan benar adalah suatu argumen selalu berdasarkan pada pertanyaan–pertanyaan dasar berupa; Apa (What),Mengapa (Why), Bagaimana (How), dan Kesimpulannya (So What is The conclusion)

9. Persidangan
Persidangan adalah adalah suatu pertemuan formil antara bebarapa orang guna membicarakan sesuatu permasalahan untuk melahirkan keputusan. Dalam siding untuk melakukan interupsi ada berbagai macam yaitu: Point of clarification: interupsi untuk menjernihkan / meluruskan permasalahan atau isi pembahasan. Point of view : interupsi yang digunakan untuk menyampaikan pendapat, tanggapan, usulan, saran; Point of order : memotong pembicaraan orang lain karena telah melenceng; Point of solution : interupsi untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dibahas.; Point of information : interupsi untuk memberikan informasi/ kebenaran yang dianggap perlu,yang berkaitan dengan kondisi yang menjadi pokok pembahasan atau hal-hal yang dipandang urgen untuk diinformasikan dan Point of privilege (rehabilitation) : Memotong pembicaraan orang lain ketika ia telah menyinggung martabat orang lain.

B. Saran
Latihan kepemimpinan sangatlah penting bagi kita selaku mahasiswa, untuk itu perlu kita ketahui, pahami, serta melaksanakannya dalam praktek kehidupan. Dengan begitu kita dapat memimpin diri kita sendiri dan juga orang lain kea rah yang tentunya lebih baik lagi. Pengembangan makalah ini sangat saya harapkan agar cakupan materi tentang kepemimpinan bisa lebih luas lagi.

SUMBER REFERENSI
  • Cahyani, Elia.(2013). Latihan Kepemimpinan Mahasiswa 2013. Tasikmalaya: LKM
  • Nurfatonah, Shanti.(2013). Latihan Kepemimpinan Mahasiswa 2013. Tasikmalaya:LKM
  • Budi Santoso (2006) Definisi, Peran dan Fungsi Mahasiswa.
  • [online] Tersedia: http://pamuncar.blogspot.com/2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.html (18 November 2013)
  • Louyssz Gandoo (2012) Mahasiswa sebagai Agent Perubahan.
  • [online] Tersedia: http://aloisiusgandoo.blog.com/http:/aloisiusgandoo.blog.com/mahasiswa/sebagai/agent/perubahan/ (18 November 2013)
  • Cahyo, G. (2012). Risalah Pergerakan Mahasiswa.
  • [online] Tersedia: http://muda.kompasiana.com/2012/08/16/risalah-pergerakan-mahasiswa-sepenggal-semangat-kemerdekaan-485945.html (18 November 2013)
  • ______ Pengertian dan Metode Persidangan.
  • [online] Tersedia: http://www.pustakasekolah.com/pengertian-dan-metode-persidangan.html (18 November 2013) 
Artikel Pembahasan Terkait :

Pengunjung