Indahnya Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya

Indahnya Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya



Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektaree di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.



Gunung Galunggung mempunyai Hutan Montane 1.200 - 1.500 meter dan Hutan Ericaceous > 1.500 meter.
Kelebihan kawah wisata Gunung Galunggung adalah Pengunjung diijinkan mengunjungi kawah Galunggung, dan dapat mencapai kawah dengan meniti tangga permanen dengan jumlah anak tangga kurang lebih sebanyak 620 buah tangga. Ini merupakan sebuah medan yang merupakan tantangan bagi pengunjung untuk bisa menikmati indahnya panorama pemandangan yang sangat indah luar biasa ketika menaiki tangga apalagi setelah sampai di finish tangga yaitu puncak, dan setelah itu pengunjung juga bisa langsung turun ke lokasi kawah ini yang bisa dijadikan tempat wisata rekreasi air dan tempat pemancingan.


Obyek wisata lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air serta tersedia juga tempat bermain anak, panggung hiburan, saung ranggon tempat botram (makan-makan), kios wisata, juga arena camping. Untuk menuju kawasan Galunggung, terdapat tiga alternatif jalan yang dapat ditempuh, yaitu :

Dari arah Bandung lewat Ciawi, di depan Pasar lama Indihiang, belok ke arah kanan + 12 km.
Dari arah Bandung lewat Ciawi, setelah jembatan Cikunir (Singaparna) belok ke arah kiri + 14 km
Dari pusat kota Tasikmalaya langsung ke arah Barat lewat Jl. Bantar-Tawangbanteng, + 17 km

Baca Artikel Tempat Wisata Alam Yang Tidak Kalah Menarik Lainnya 
- Indahnya Wisata Alam Hijau Curug Tujuh Panjalu Ciamis
- Menikmati Nasi TO (Tutug Oncom) di Tasikmalaya 
- Pesona Situ Gede Tasikmalaya Memikat Pengunjung 
- Indahnya Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya

Pengunjung